Search

TNI AL Bantu Penyelamatan Korban Perkelahian ABK Mina Sejati

TNI AL Bantu Penyelamatan Korban Perkelahian ABK Mina Sejati

Jakarta, CNN Indonesia -- KRI Teluk Lada-521 milik TNI Angkatan Laut (TNI AL) terus berupaya untuk menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) KM Mina Sejati di perairan Laut Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Hingga Senin (19/8) pagi, KRI Teluk Lada masih berupaya untuk berkomunikasi dengan ABK KM Mina Sejati.

"Tim Pemeriksa TNI AL melaksanakan pendekatan dan langkah-langkah persuasif terhadap KM. Mina Sejati. Kita sudah berupaya melakukan komunikasi dengan menggunakan radio, namun belum mendapatkan jawaban. Perlu upaya yang lebih waspada untuk menghindari kemungkinan terjadinya korban berikut," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksma TNI Zaenal kepada CNNIndonesia.com, Senin (19/8).

Zaenal menjelaskan bahwa insiden itu bukanlah pembajakan, melainkan buntut dari perkelahian antar ABK KM Mina Sejati.

"Pada 16 Agustus 2019 malam. terjadi perkelahian antar ABK. Di sini kejadian murni perkelahian antar ABK bukan pembajakan ABK orang lain berupaya mengambil alih, " katanya.

Kata Zaenal, jumlah ABK KM Mina Sejati berjumlah 36 orang. Kemudian, terjadi perkelahian yang hingga kini belum diketahui penyebabnya.

"Akibat kejadian itu, lima orang meninggal dunia. Tiga orang penyerang menggunakan parang," katanya

Menurut Zaenal, karena perkelahian itu, sebanyak 13 orang ABK kemudian berupaya menghindari perkelahian dengan melompat dari kapal dan diselamatkan oleh KM Gemilang.

"Dari 13 orang yang menyelamatkan diri, 11 orang selamat dan dua orang meninggal. Saat ini masih ada 15 orang ABK yang berada di atas kapal," katanya.

Sejauh ini, kata Zaenal, KRI Teluk Lada telah menurunkan tim pemeriksa dengan menggunakan speedboat untuk melakukan pengawasan.

"Kemudian penyelidikan, dan jika memungkinkan akan naik ke kapal Mina Sejati. Terus melakukan pendekatan," katanya.
[Gambas:Video CNN] (ugo)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "TNI AL Bantu Penyelamatan Korban Perkelahian ABK Mina Sejati"

Post a Comment

Powered by Blogger.